5 Jurus Ampuh Buat Memberangkatkan Orang Tua ke Tanah Suci Meskipun Gaji Hanya 2 Jutaan

Membahagiakan orang tua adalah memang impian seluruh anak di dunia ini. Setelah bertahun-tahun mereka membesarkan dan merawat kita, wajarlah jika seorang anak ingin menghadiahkan sesuatu yang spesial bagi orang tuanya. Meskipun jasa mereka tidak bisa digantikan, paling tidak membuat orang tua tersenyum saja sudah membuat hati kita lega.

Ada sangat banyak jenis hadiah di dunia ini, namun yang paling bikin hati orang terenyuh itu, adalah hadiah pergi ke tanah suci. Dapat beribadah haji saja sudah sangat luar biasa, apalagi kalau ternyata itu adalah hadiah dari anak sendiri, semakin bersyukur mereka melahirkan kita. Namun sayang buat pergi haji itu mahal. Tapi coba deh cara ini, meskipun hanya dengan gaji 2 juta, kamu bisa memberangkatkan mereka ke tanah suci.

Buat tabungan Haji

Tabungan haji [image source]

Ini adalah langkah awal jika memang serius untuk memberangkatkan haji orang tua. Kalau tidak bikin tabungan haji atau umrah, takutnya uangnya bakal terpotong buat kebutuhan harian. Bila menabung secara rutin, bisa saja tahu-tahu uang sudah cukup untuk berangkat Haji. Ada berbagai varian setoran dalam tabungan haji ini, pilih saja yang tidak terlalu memberatkan. Misal jika gaji kamu adalah 2 juta, coba pilih setoran dalam rentang 100 ribu hingga 300 ribu rupiah. Jadi dalam satu tahun kamu dapat mengantongi paling tidak 1,2 sampai 3,6 juta rupiah. Pada tahun 2016, biaya haji adalah sekitar 34 juta, sehingga minimal kamu butuh waktu 10 tahun biar dapat memberangkatkan orang tua. Harga tersebut memang bisa saja naik, tapikan kamu paling tidak sudah memiliki simpanan di bank.

Buat dua rekening yang berbeda

Rekening ganda [image source]

Masalahnya, jika kita hanya memiliki satu rekening, kadang uang tabungan haji sering terpakai baik sengaja atau tidak sengaja. Dengan memiliki dua rekening yang berbeda, kamu bisa lebih bisa menjaga agar uang tabungan haji tidak terpakai sama sekali. Caranya, satu rekening khusus digunakan untuk menabung, sedangkan rekening satu lagi hanya diperuntukkan untuk transaksi sehari-hari. Alhasil, kamu masih bisa bertransaksi secara lancar, tabungan buat memberangkatkan haji pun tidak berkurang sama sekali.

Investasi emas

Investasi emas [image source]

Logam mulia ini bisa dibilang investasi terbaik buat tabungan haji. Harga emas lebih sering mengalami kenaikan timbang penurunan, jadinya tabungan haji buat orang tua bisa cepat bertambahnya. Tunggu saat harga emas lumayan turun, segera beli emas tersebut dan jika harga emas melambung, bisa langsung dijual. Tidak perlu terburu-buru beli emas dengan harga mahal, cukup dicicil dengan beli satu gramnya per dua bulan. Untuk satu gram emas bisa dibeli dengan harga sekitar 500 hingga 600 ribuan. Jika kamu terus melakukan hal tersebut, dalam 10 tahun kamu sudah mengantongi sekitar 30 juta rupiah. Lumayan kan buat tambahan biaya tabungan.

Haji Backpacker buat memangkas dana

Haji Backpacker [image source]

Kalau masih mau lebih irit, coba deh metode haji backpacker. Pastinya dengan cara ini bakal memangkas dana sangat banyak. Caranya, adalah melakukan ibadah haji tanpa menggunakan jasa travel, sehingga kita tidak harus membayar dana lebih. Belum lagi kita bisa menyesuaikan sendiri waktu keberangkatan dan kepulangan, sehingga bisa lebih khusyuk di sana karena tidak terikat jadwal. Satu lagi keunggulannya adalah pemilihan pesawat dan tempat menginap, coba cari yang promo pasti bakal lebih murah ketimbang ikut travel. Coba deh cari teman orang tua kamu yang mau haji juga, ajak ikut juga pakai cara ini, biar bisa berangkat rombongan.

Berdoa yang banyak

Bedoa [image spurce]

Hanya dia yang diridhai oleh Allah SWT yang boleh pergi ke tanah suci. So meskipun kamu punya banyak uang tapi kalau Dia tidak meridhainya kan, tidak bakal berangkat juga. Bukan lagi masalah uang sekarang, namun ridha atau tidaknya Dia.  Niat baik untuk memberangkatkan haji orang tua itu sudah sangat mulia, Insha Allah pasti ada jalannya. Berdoa saja yang banyak dan sungguh-sungguh, kelak pasti terkabul.  Berbakti pada orang tua saja adalah Ibadah, apalagi ingin memberangkatkan orang tua ke tanah suci, wah sungguh mulia dan pasti besar pula pahalanya. Semoga impian membahagiakan orang tua itu segera terkabul.

Coba deh beberapa cara di atas, kalau kamu serius insha Allah niatan baik itu bakal keturutan juga. Umur manusia itu terbatas, jadi kesempatan bikin orang tua seneng itu jangan sampai disia-siakan mumpung mereka masih hidup. Buruan gih nabung.

Facebook Comments

About @beritasantri

Check Also

Kisah Mantan Perampok Sakti yang Kini Bangga Jadi Warga NU

Sore jelang maghrib kemarin saya kedatangan tamu yang malam sebelumnya sudah datang dan jagongan sampai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *